Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Perceived Value terhadap Purchase Intention pada Live Shopping
Kata Kunci:
live shopping, brand awareness, perceived value, trust to product, purchase intention, sem-cbAbstrak
Teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat pesat sehingga beberapa perusahaan e-commerce dan social media menciptakan sebuah platform baru berbasis video siaran langsung yang dinamakan dengan live shopping. Saat ini live shopping digunakan sebagai sarana berjual-beli secara online dan tentunya melalui platform ini diharapkan mampu meningkatkan minat beli penonton. Namun untuk dapat meningkatkan minat beli, streamer atau penyiar perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen terhadap suatu produk yaitu trust to product. Trust to product atau kepercayaan terhadap produk juga didorong oleh faktor pengenalan terhadap merek atau brand awareness dan nilai manfaat atau perceived value. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand awareness dan perceived value terhadap trust to product dan juga untuk mengetahui pengaruh trust to product tersebut terhadap purchase intention atau minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model - Covariance Based (SEM-CB) dengan dan memperoleh data bersih sebanyak 433 responden. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat hipotesis yang tidak diterima yaitu brand awareness berpengaruh terhadap trust to product dengan nilai p(probability) 0,394 dan terdapat Hipotesis yang diterima yaitu perceived value berpengaruh terhadap trust to product dengan nilai p(probability) <0,001 dan Hipotesis trust to product berpengaruh terhadap purchase intention dengan nilai p(probability) <0,001.