Analisis Pengaruh Product Quality, Perceived Value & Efek Moderasi Frekuensi Mengikuti terhadap Trust to Product pada Live Shopping
Kata Kunci:
Live shopping, sem cb, ibm spss amos, product quality, perceived value, trust to productAbstrak
Perkembangan teknologi informasi saat ini membuat perubahan dalam berbelanja sehingga memunculkan perilaku baru dalam berbelanja secara online. Hal ini membuat pelaku usaha melakukan beberapa cara dalam berjualan salah satunya dengan melakukan aktivitas berjualan berbasis video secara langsung atau dikenal dengan live shopping di sosial media atau e - commerce. Aktivitas ini dilakukan untuk mengenalkan produk sehingga dapat mempengaruhi trust to product. Dalam trust to product ini dipengaruhi beberapa faktor seperti product quality, perceived value kemudian adanya frekuensi mengikuti aktifitas live shopping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor product quality, perceived value dan adanya efek moderasi frekuensi mengikuti terhadap trust to product pada live shopping. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling-Covarianced Based (SEM-CB). Peneliti melakukan penyebaran kuesioner secara online dan mendapatkan data olah bersih sebanyak 433 Responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan tools IBM SPSS 22 dan IBM AMOS 26. Dari penelitian ini didapatkan hipotesis 1 dinyatakan tidak diterima dengan mendapatkan nilai probability (p) 0,805, sedangkan syaratnya nilai probability (p) <0,05. Sedangkan hipotesis 2 dan 2a dapat diterima karena memenuhi dengan mendapat nilai probability (p) < 0,001 serta nilai signifikansi (sig) < 0,001. Dalam hal ini, audiens belum tentu percaya akan product quality ketika melihat aktivitas live shopping pada media sosial dan e-commerce.