Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna pada Aplikasi FOMO menggunakan Metode Usability Testing dan Pendekatan User-Centered Design
Kata Kunci:
aplikasi FOMO, user interface, usability testing, user-centered design, system usability scale.Abstrak
Aplikasi FOMO merupakan aplikasi berbasis mobile yang bergerak sebagai forum diskusi untuk profresional yang sepenuhnya anonym untuk berinteraksi dan berbagi informasi dalam dunia professional, seperti informasi terkait gaji pegawai, kehidupan dikantor dan lain sebagainya. Berdasarkan data dari Google Play Store serta pengalaman peneliti berinteraksi dengan aplikasi, ditemukan permasalahan yang dirasakan oleh pengguna antaranya adalah, tidak adanya notifikasi, user interface yang kurang menarik, button yang kurang konsisten, dan sering terjadi force close. Adanya permasalahan tersebut, menyebabkan perluanya evaluasi terhadap aplikasi serta rekomendasi perbaikan desain user interface. Perbaikan desain antarmuka dilakukan dengan pendekatan User-Centered Design, sedangkan evaluasi akan dilakukan dengan metode usability testing. Evaluasi desain awal dan desain solusi dilakukan kepada lima responden dengan mengerjakan scenario task untuk memperoleh tingkat efektivitas dan efisiensi, dan tingkat kepuasan pengguna yang diperoleh dengan penyebaran kuesionernsystem usability scale. Perbaikan desain antarmuka dilakukan dengan merancang user interface berupa low-fidelity dalam bentuk wireframe dan high-fidelity dalam bentuk mock-up. Pada evaluasi desain awal diperoleh nilai 58% untuk aspek efektivitas, 51,28% untuk aspek efisiensi, dan nilai rata-rata 59 untuk aspek kepuasan pengguna serta ditemukan 17 permasalahan terhadap desain antarmuka pengguna. Hasil evaluasi desain perbaikan diperoleh peningkatan sebesar 42% pada aspek efektivitas, 46,72% pada aspek efisiensi, dan nilai rata-rata 23,5 pada aspek kepuasan pengguna.