Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan Metode Kerangka Kerja Dynamic CRM

Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan Metode Kerangka Kerja Dynamic CRM

Penulis

  • Ghaniyu Zulfata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Niken Hendrakusma Wardani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Adam Hendra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

E-CRM, Framework of Dynamic CRM, pelanggan, loyalitas, website

Abstrak

Persaingan bisnis yang semakin berkembang pesat dan perkembangan teknologi informasi menjadi alasan perusahaan untuk mengubah pemikiran perusahaan terhadap bisnis, yang dulunya berorientasi pada keuntungan ke arah faktor-faktor potensial seperti tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini mendorong perusahaan untuk memanfaatkan teknologi dalam memelihara hubungan baik dengan pelanggan agar dapat terbentuk loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun perangkat lunak Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pada toko sepatu Aneka Sport Malang dengan menggunakan metode kerangka kerja dinamik CRM. Metode framewok dynamic of CRM digunakan untuk menganalisis kebutuhan sistem berdasarkan informasi yang didapat dari pelanggan, untuk pelanggan dan oleh pelanggan. Pada implementasi perangkat lunak ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dan dibangun berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Perangkat lunak ini diuji dengan menggunakan white-box testing yang menunjukkan bahwa 3 fungsi dapat berjalan dengan tepat, black-box testing menunjukkan 23 fungsi berstatus valid, pengujian kompatibilitas yang menunjukkan sistem dapat berjalan dengan baik pada 8 jenis perambah website, dan pengujian user acceptance menunjukkan hasil 81,9% pengguna setuju. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak ini telah berhasil dikembangkan sesuai perancangan dan dapat diterima oleh pengguna.

Unduhan

Diterbitkan

30 Agu 2017

Cara Mengutip

Zulfata, G., Wardani, N. H., & Brata, A. H. (2017). Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan Metode Kerangka Kerja Dynamic CRM. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1419–1427. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1199

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...