Pengaruh Penerapan Problem-Based Learning menggunakan Media Mentimeter terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Informatika di SMKN 2 Malang
Kata Kunci:
problem based learning, hasil belajar, powerpoint, mentimeterAbstrak
Penelitian ini didasari oleh kurangnya pemahaman materi yang diajarkan oleh guru pada siswa yang mengontrol hasil belajar. Penelitian ini bermanfaat agar Peneliti mengetahui apakah ada pengaruh dari penerapan metode problem-based learning menggunakan media Mentimeter terhadap hasil belajar peserta didik kelas X ULW mata pelajaran informatika di SMKN 2 Malang. Dalam penelitian ini menerapkan pendekatan eksperimen lemah (weak experimental design). Desain penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah The Static Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian siswa kelas X ULW 3 SMKN 2 Malang sebagai grup eksperimen dan siswa kelas X ULW 2 SMKN 2 Malang sebagai grup kontrol. Hasil belajar dari grup eksperimen dan grup kontrol siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang mata pelajaran informatika terdapat perbedaan. Uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa diketahui nilai t hitung adalah sebesar -3,549 dengan hasil probabilitasnya 0,001 sehingga adanya hasil yang berbeda pada pengisian post-test oleh grup eksperimen dan grup kontrol. Rerata post-test dengan penggunaan Mentimeter adalah sebesar 75 yang lebih besar dibandingkan dengan penggunaan Powerpoint hanya sebesar 69, sehingga adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Mentimeter dan hasil belajar siswa menggunakan Powerpoint, sehingga hasil belajar mata pelajaran Informatika oleh Peserta Didik di SMKN 2 Malang menggunakan PBL dengan pemanfaatan media Mentimeter lebih baik dibandingkan menggunakan media Powerpoint karena siswa mengalami peningkatan hasil belajar ketika pembelajaran menggunakan Mentimeter.