Pengembangan Sistem Pelayanan Mobile Perpustakaan Universitas dengan Memanfaatkan Teknologi QR-Code (Studi Kasus: Universitas Islam Raden Rahmat)
Kata Kunci:
Sirkulasi, Kotlin, Jetpack Compose, Kode-QRAbstrak
Perpustakaan Universitas Islam Raden Rahmat adalah perpustakaan penyedia layanan sirkulasi sebagai layanan utama yang dibagi menjadi 3 yaitu pelayanan keanggotaan, pelayanan peminjaman, dan pelayanan pembaruan status peminjaman. Masing-masing proses pelayanan yang dijalankan memiliki ketergantungan terhadap satu orang petugas dan sarana yang kurang memadai. Beberapa di antaranya adalah penggunaan kartu anggota dengan kualitas yang kurang baik, belum adanya daftar katalog yang dapat digunakan, dan menumpuknya penggunaan sosial media sebagai pelayanan pembaruan status peminjaman. Pada waktu bersamaan, satu orang petugas tersebut harus menangani 3 pelayanan sekaligus yang membuat proses sirkulasi terhambat. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah aplikasi yang dapat membantu atau meningkatkan pelayanan sirkulasi perpustakaan petugas dan anggota. Pengembangan aplikasi pada penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan pendekatan berorientasi objek. Aplikasi dikembangankan dengan menggunakan bahasa pemrograman kotlin dan jetpack compose. Aplikasi ini juga mendukung untuk memindai kode-QR guna meningkatkan pelayanan peminjaman secara individu dan presensi sebagai ganti buku tamu. Aplikasi telah diuji pada pengujian unit, pengujian validasi, dan pengujian compatibility.