Analisis Pengaruh Atribut Influencer pada Platform Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian
Kata Kunci:
influencer marketing, parasocial relationship, perceived expertise, trustworthiness, keputusan pembelian, Generalized Linear ModelAbstrak
Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan pelaku bisnis harus beralih ke kegiatan pemasaran secara digital. Pelaku bisnis harus mengatur ulang strategi pemasaran yang akan diterapkan untuk dapat tetap menghasilkan keuntungan di tengah pandemi. Di antara berbagai jenis pemasaran digital yang muncul, influencer marketing muncul sebagai jenis pemasaran yang berkembang pesat di masa pandemi. Influencer marketing melibatkan kegiatan pemasaran di platform media sosial melalui orang berpengaruh pada platform tersebut, yang dikenal sebagai influencer. Salah satu platform yang digunakan oleh influencer dalam memasarkan suatu produk atau jasa adalah TikTok. Dengan berkembangnya penerapan influencer marketing, pelaku bisnis perlu mengidentifikasi tipe influencer yang sesuai dengan produk atau jasa yang dimiliki dan target pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut influencer yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen, khususnya influencer pada platform TikTok. Atribut influencer yang diteliti adalah perceived expertise, trustworthiness, dan parasocial relationship. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner survei secara daring dan dianalisis menggunakan metode Generalized Linear Model (GLM). Berdasarkan hasil analisis data, hanya satu dari tiga hipotesis yang diterima yaitu parasocial relationship berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut membuktikan jika pengguna platform TikTok lebih mengandalkan tingkat hubungan parasosial terhadap influencer yang diketahuinya untuk mendapatkan informasi kredibel terkait pengambilan keputusan pembelian.