Analisis Sentimen Citayam Fashion Week pada Komentar YouTube dengan Metode Convolutional Neural Network
Kata Kunci:
analisis sentimen, Citayam Fashion Week, YouTube, CNNAbstrak
Viralnya Citayam Fashion Week ini bermula dari beredarnya video-video wawancara di Tiktok dan Instagram. Dampak positif dirasakan khususnya bagi kaum pedagang atas ramainya pengunjung yang ingin melihat acara tersebut sehingga dapat menaikkan omzet mereka, terlepas dari dampak positif yang dirasakan, kemacetan justru timbul diakibatkan oleh ramainya pengunjung dan lokasi aksi peragaan busana tersebut, sehingga mengganggu aktivitas masyarakat umum. Citayam Fashion Week dibubarkan pada hari Rabu, 27 Juli tahun 2022. Hal ini menimbulkan perdebatan di kalangan masyarakat. Ada masyarakat yang mendukung untuk tetap diselenggarakannya acara tersebut, ada juga masyarakat yang tidak mendukung diselenggarakannya acara tersebut. Beragam komentar positif, dan negatif banyak diberikan oleh masyarakat terhadap acara Citayam Fashion Week, oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode yang dapat memilah sentimen dari pengguna secara otomasi, Hal ini bertujuan agar mampu mengetahui sentimen dari kalimat komentar yang disampaikan oleh setiap pengguna secara efektif dan efisien, menghindari kesalahan persepsi masyarakat terhadap komentar yang ada. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN) dalam melakukan analisis sentimen, berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem ini memiliki nilai evaluasi metrik terbaik yaitu nilai accuracy sebesar 97 %, nilai precision sebesar 97%, nilai recall sebesar 98%, dan nilai f-measure sebesar 97%.