Evaluasi Usability Sosial Media Profesional "LinkedIn" Menggunakan Metode Usability Testing

Evaluasi Usability Sosial Media Profesional "LinkedIn" Menggunakan Metode Usability Testing

Penulis

  • Devita Helga Safitri Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mochammad Chandra Saputra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

analisis tematik, evaluasi, usability, usability testing, website linkedin

Abstrak

LinkedIn adalah platform jaringan profesional terbesar di dunia yang ada di internet. Dalam penggunaannya, ditemukan 3 pengguna LinkedIn yang melaporkan kesulitan yang dialaminya melalui ulasan Google Play Store dan sudah direspons lebih dari 10 orang. Ulasan tersebut berisikan komplain mengenai permasalahan panduan yang sulit dipahami, ketidakjelasan informasi pembatasan akun dan kurang faham terhadap fitur - fitur di LinkedIn. Selanjutnya, untuk memperjelas apakah LinkedIn memiliki permasalahan pada usability, dilakukan survei awal kepada 21 mahasiswa yang menghasilkan bahwa terdapat 47,6% responden mengatakan tampilan sosial media LinkedIn termasuk ke dalam kategori sedang, 38,1% responden mengatakan tampilan LinkedIn ke dalam kategori kompleks. Kemudian 52,4% responden memerlukan panduan saat pertama kali menggunakan LinkedIn. LinkedIn dinilai lebih ke arah sosial media yang kompleks dibandingkan sosial media lainnya. Berdasarkan pengalaman responden, menyatakan bahwa mereka mengalami kebingungan saat pertama kali menggunakan LinkedIn. Kebingungan yang mereka alami seperti kebingungan harus darimana mereka memulainya, perintah yang tidak jelas dan tidak mengetahui fungsi - fungsi setiap fitur LinkedIn. Oleh sebab itu, diperlukan evaluasi usability pada website LinkedIn yang difokuskan dengan fungsi utama sosial media LinkedIn yaitu dalam hal membangun profil dan koneksi menggunakan metode usability testing. Metode tersebut diterapkan dengan pendekatan kualitatif melalui analisis tematik. Hasil dari evaluasi usability testing ditemukan total 27 permasalahan usability yang dikelompokkan ke dalam 5 bagian fitur website LinkedIn. Fitur tersebut antara lain verifikasi, sub menu tambah bagian profil, pengaturan, profil bagian depan dan jaringan. Adapun usulan perbaikan baik berupa penambahan icon, penambahan fitur, perubahan warna tulisan dan tombol, memperjelas instruksi dan format pengisian serta penambahan user guideline.

Unduhan

Diterbitkan

16 Feb 2023

Cara Mengutip

Safitri, D. H., Az-Zahra, H. M., & Saputra, M. C. (2023). Evaluasi Usability Sosial Media Profesional "LinkedIn" Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(12), 6019–6028. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12064

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...