Perancangan User Experience Sistem Informasi Klinik berbasis Aplikasi Mobile menggunakan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Klinik Dr. Maya)
Kata Kunci:
User Experience, Design Thinking, User Experience QuestionnaireAbstrak
Klinik Dr.Maya memiliki keterbatasan dalam menerapkan sistem pelayanan E-kesehatan (E-Health), penerapan E-Health pada klinik tersebut masih bersifat offline dan manual. Sehingga kualitas pelayanan yang diberikan tidak maksimal, seperti terjadinya penumpukan pasien pada antrian sehingga waktu mengantri terlalu lama, selain itu juga proses administrasi yang masih kurang efisien. Stakeholder berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan klinik, yaitu dengan menerapkan mHealth. Dalam pengembagan mHealth, developer membutuhkan sebuah desain solusi mHealth Klinik Dr.Maya hingga Prototype High-Fidelity yang sudah diuji. Untuk mendapatkan hasil pengalaman pengguna yang memuaskan, perancangan ini menerapkan User Experience (UX) dengan proses desain menggunakkan pendekatan Design Thinking. Sedangkan untuk pengujiannya yaitu menggunakan user experience questionnaire (UEQ) yang diberikan kepada 20 responden evaluator dengan pembagian porsi 50% berasal dari pihak Klinik Dr. Maya dan 50% dari responden umum. Hasil dari pengujain UEQ mendapatkan rata-rata skala nilai dengan skor untuk setiap kelompok item penilaian Daya Tarik (Attractiveness) 2,233 Poin, Kejelasan (Perspicuity) 2,125 Poin, Efisiensi (Efficiency) 2,250 Poin, Ketepatan (Dependability) 2,163 Poin, Stimulasi (Stimulation) 2,088 Poin, dan Kebaruan (Novelty) 1,838 Poin. Sehingga Benchmark UEQ Scales pada seluruh item kelompok penilaian mendapatkan hasil Excellent (Sangat Baik).