Pembangunan Sistem Reservasi Kamar Hotel berbasis Web dengan memanfaatkan Teknologi Payment Gateway (Studi Kasus: Hotel Asri)

Pembangunan Sistem Reservasi Kamar Hotel berbasis Web dengan memanfaatkan Teknologi Payment Gateway (Studi Kasus: Hotel Asri)

Penulis

  • Muhammad Syahputra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bayu Rahayudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Hotel Asri, Waterfall, Payment Gateway, Midtrans, Laravel, System Usability Scale

Abstrak

Hotel Asri berada di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Proses penyewaan kamar atau reservasi di hotel ini tetap ditulis di dalam buku besar. Pelanggan harus datang langsung atau menelpon terlebih dahulu untuk melakukan reservasi, sehingga sering terjadinya kekeliruan yang merugikan pelanggan dan Hotel Asri. Saat ini Hotel Asri juga mengalami kendala dalam melakukan pelayanan pemesanan kamar karena kekurangan karyawan, sehingga karyawan yang memiliki tugas di front end atau resepsionis tidak selalu ada. Maka langkah yang dapat dilakukan untuk memudahkan pemesanan kamar di Hotel Asri adalah dengan membangun sebuah sistem reservasi kamar hotel. Sistem yang akan dibangun berbasis web yang diintegrasikan dengan payment gateway Midtrans sehingga dapat digunakan tamu melakukan pemesanan kamar dan pihak hotel dalam konfirmasi pemesanan kamar. Metodologi penelitian yang dimanfaatkan adalah waterfall, dimulai dari analisis kebutuhan dalam memperoleh kebutuhan fungsional dan kebutuhan non-fungsional sistem. Perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML). Pengujian fungsional sistem dilakukan dengan pengujian Blackbox perolehan nilai valid 100%. Pengujian non-fungsional dilaksanakan menggunakan pengujian kompatibilitas dan didapatkan hasil sistem berjalan diberbagai browser tanpa ada masalah. Pengujian System Usability Scale (SUS) dilakukan kepada tujuh orang responden dan didapatkan skor akhir rata-rata 86% yang berdasarkan skor SUS maka sistem yang dibangun diterima dengan penilaian Acceptability Ranges sistem mendapatkan nilai “ACCEPTABLEâ€, pada penilaian Grade Scale sistem mendapatkan nilai B dan penilaian Adjective Ratings sistem mendapatkan nilai “EXCELLENTâ€.

Unduhan

Diterbitkan

20 Feb 2023

Cara Mengutip

Syahputra, M., Rahayudi, B., & Purnomo, W. (2023). Pembangunan Sistem Reservasi Kamar Hotel berbasis Web dengan memanfaatkan Teknologi Payment Gateway (Studi Kasus: Hotel Asri). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(1), 10–16. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12086

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...