Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Daily Goals Management menerapkan Sistem Accountability Partner dengan Metode Human-Centered Design

Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Daily Goals Management menerapkan Sistem Accountability Partner dengan Metode Human-Centered Design

Penulis

  • Ahmad Kholish Fauzan Shobiry Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mahardeka Tri Ananta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

User Experience, Produktivitas, Human-Centered Design, Goal Setting, Usability Testing, Accountability Partner

Abstrak

Revolusi industri 4.0 memiliki dampak atas kesiapan siswa dalam melakukan pembelajaran, kesiapan dalam mengikuti proses pembelajaran adalah hal yang vital pada sistem pembelajaran. Motivasi siswa merupakan suatu indikator kesiapan dalam menghadapi metode pembelajaran yang ada. Namun, rendahnya motivasi sering terjadi karena tidak ada inisiatif dan konsistensi. Untuk mengatasi problematika tersebut, maka motivasi siswa dapat disiapkan melalui pelatihan goal setting. Pelatihan goal setting mampu meningkatkan motivasi belajar siswa serta memacu peningkatan produktivitas. Maka, penelitian ini bertujuan membantu kesiapan pembelajaran melaui pelatihan goal setting serta sebagai potensi peningkatan produktivitas pada bidang Pendidikan. Penambahan penerapan sistem accountability partner dapat meningkatkan performa individu dalam menyelesaikan suatu tujuan sebesar 95%. Perancangan aplikasi menggunakan metode human-centered design melalui beberapa tahapan analisa ditujukan untuk menghasilkan desain solusi yang mudah dipahami serta menjawab permasalahan pengguna. Proses evaluasi desain pada aplikasi mobile daily goals management ini menggunakan pengujian usability dengan penilaian kuesioner SUS pada aspek kepuasan. Hasil pengujian rancangan memperoleh nilai efektivitas sebesar 97,85%, tingkat efisiensi senilai 93,70%, dan aspek kepuasan mencapai 79 dari nilai 100. Berdasarkan nilai tersebut, maka benchmark perancangan user experience aplikasi mobile daily goals management termasuk pada kategori grade B, good adjective rating, dan kategori acceptable.

Unduhan

Diterbitkan

20 Feb 2023

Cara Mengutip

Shobiry, A. K. F., Az-Zahra, H. M., & Ananta, M. T. (2023). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Daily Goals Management menerapkan Sistem Accountability Partner dengan Metode Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(1), 26–35. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12090

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...