Implementasi Search Engine Optimization (SEO) pada Sistem Informasi E-Commerce menggunakan Plugin Wordpress (Studi Kasus Toko Online Norilyascake)
Kata Kunci:
Search Engine Optimization (SEO), SEO on page, SEO off page, Search Engine, GoogleAbstrak
Norilyascake merupakan sebuah usaha di bidang makanan yang berdiri sejak tahun 2017 dengan usaha memproduksi dan menjual kue ulangtahun yang melayani pelanggan dengan model bisnis bussiness to consumer. Seiring dengan berkembangnya teknologi, Norilyascake ingin memaksimalkan pemasaran mereka terutama pada mesin pencarian (search engine) sebagai bentuk memanfaatkan perkembangan teknologi. Saat ini, norilyascake telah menerapkan pemasaran mereka melalui instagram. Namun, Optimasi SEO belum bisa dilakukan karena Norilyascake ini tidak terdapat website atau laman. Maka, Penelitian ini diawali dengan pembuatan website menggunakan Wordpress, menggunakan alamat https://norilyascake.com. Setelah pembuatan website kemudian diteruskan dengan optimasi Search Engine Optimization (SEO) dengan memanfaatkan plugin Yoast SEO, Elementor dan Fast Velocity Minify pada wordpress. Metode yang peneliti gunakan adalah research and development atau implementatif. Hal ini untuk menguji keefektifan implementasi pada SEO on page dan SEO off page ditinjau dari performance, jumlah visitor dan peringkat website norilyascake.com pada mesin pencari Google. Berdasarkan hasil analisis website, analisis SEO Off Page, analisis SEO On page dan kompetitor, menggunakan tools Who.is, Ahrefs, Moz.com, dan Ubbersuggest dapat dilihat bahwa norilyascake.com memerlukan optimasi pada SEO on-page dan SEO off-page untuk menyelaraskan norilyascake.com dengan aturan algoritma Google untuk bersaing dengan website yang berada pada peringkat 10 SERP Google. Selain itu, setelah analisis dilakukan, penulis akan mengimplementasikan SEO off-page dan SEO on-page pada norilyascake.com. Hasil dari pengujian, terdapat peningkatan pada performance, visitor, dan peringkat pada mesin pencari. Peningkatan pada performance dari 1 queries, 22 impression, dan 5 clicks menjadi 19 queries, 295 impression, dan 43 clicks. Pada visitor juga mengalami peningkatan, dengan total tertinggi 92 visitor dengan presentase 80% new visitor dan 20% returning visitor.Terdapat juga kenaikan pada skor authority SEO. Domain Authority versi Moz meingkat lima poin dari 0 menjadi 5. Sedangkan Domain Rating versi Ahrefs meningkat tujuh poin dari 0 menjadi 7.