Pengembangan Gim Android Visual Novel Cerita Rakyat Reog Ponorogo berbasis Renpy untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Bangunsari 1 Ponorogo
Kata Kunci:
Visual Novel, Reog, Android, GDLC, Purposive SamplingAbstrak
Gim semakin banyak diminati hari demi hari.Akan tetapi, pemahaman warga dengan sejarah daerahnya semakin menurun.Hal ini dibuktikan dengan semakin sedikit generasi muda yang memahami bagaimana sejarah daerahnya bisa terjadi seperti cerita reog walaupun terkenal akan tetapi masih banyak warga ponorogo khususnya generasi muda yang kurang mengetahui bagaimana tarian reog itu terjadi dan bagaimana asal-usulnya.Penelitian ini bertujuan apakah terdapat perbedaan pengetahuan dan minat baca anak SD Bangunsari 1 Ponorogo.Dalam penelitian ini akan digunakan metode purposive sampling untuk pengumpulan data dan metode GDLC ( Game Development Life Cycle ) untuk pengembangan aplikasi gim.Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan pengetahuan anak tentang reog sebelum dan sesudah dilakukan pengujian dengan gim tersebut.Gim yang akan dibuat adalah sebuah gim visual novel dimana gim tersebut berpusat kepada story-telling.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan anak terjadi peningkatan ketika sesudah memainkan gim reog akan tetapi gim tersebut masih kurang diminati oleh para siswa\siswi SD Bangunsari 1 Ponorogo dikarenakan kurangnya aksi didalam gim tersebut.