Perancangan User Experience Aplikasi Merakit Komputer Pribadi

Perancangan User Experience Aplikasi Merakit Komputer Pribadi

Penulis

  • Dhani Muhammad Zidan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mahardeka Tri Ananta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

user experience, user centered design, system usability scale, user experience questionnaire, mobile, prototype

Abstrak

Pemerintah mengeluarkan aturan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Peraturan tersebut menyebabkan masyarakat harus melakukan aktivitasnya dari rumah. Dalam hal tersebut, maka diperlukan perangkat seperti desktop pribadi. Komputer yang telah jadi biasanya memiliki harga yang lebih mahal dan belum tentu sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Komputer rakitan adalah salah satu pilihan yang cocok untuk mendapatkan komputer yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Dalam hal ini, tidak semua orang mengerti komponen yang diperlukan dan dapat merakit sendiri komputer mereka. Dengan adanya masalah tersebut, peneliti melakukan perancangan user experience aplikasi merakit komputer pribadi, nantinya diharapkan supaya mereka dapat dengan mudah merakit komputer sendiri. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah user centered design (UCD). Berdasarkan penelitian terdahulu yang menggunakan metode tersebut, metode UCD dapat menghasilkan inovasi solusi yang dapat menyelesaikan suatu masalah. Hasil akhir dari penelitian ini adalah high-fidelity prototype yang memiliki nilai usability dan nilai pengalaman pengguna yang baik. Didapatkanlah nilai pada tiga aspek usability, yakni untuk aspek efektivitas mendapatkan nilai 95%, untuk aspek efesiensi mendapatkan nilai 0,1387 goals/sec, untuk aspek kepuasan menggunakan metode system usability scale dan mendapatkan nilai 80% yang dimana nilai tersebut termasuk dalam kategori sempurna. Untuk hasil yang lebih baik, dilakukanlah pengujian user experience questionnaire yang memberikan hasil di atas rata-rata pada aspek daya tarik dan ketepatan, kemudian untuk aspek kejelasan, efisiensi, stimulasi, dan kebaruan mendapatkan hasil yang bagus.

Unduhan

Diterbitkan

22 Feb 2023

Cara Mengutip

Zidan, D. M., Kharisma, A. P., & Ananta, M. T. (2023). Perancangan User Experience Aplikasi Merakit Komputer Pribadi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(1), 131–139. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12122

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...