Evaluasi Hasil Belajar Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Desain Multimedia Interaktif (Studi pada Siswa Jurusan Multimedia Kelas XII SMKN 12 Malang)
Kata Kunci:
problem based learning, desain multimedia interaktif, hasil belajar siswaAbstrak
Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang terikat dengan dunia nyata. Dari permasalahan ini peserta didik diarahkan untuk mempelajari dan mengkonstruksi permasalahan tersebut berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka pelajari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Multimedia Interaktif dengan menggunakan model Problem Based Learning berdasarkan dari aspek kognitif pada peserta didik kelas XII jurusan Multimedia di SMKN 12 Malang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penerapan model Problem Based Learning dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada nilai pretest dan posttest kelas eksperimen (M= -35.00, SE = 1.535) dengan implementasi Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest dan posttest kelas kontrol (M= -19.33, SE = 0.67). Perbedaan tersebut signifikan dengan t = 6.199 dan p = 0,001. Harga Sig. (2-tailed) < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan bahwa nilai pretest dan posttest kelas ekperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol.