Analisis Uses and Gratifications Mahasiswa dalam Mencari Sumber Pembelajaran di Media Sosial
Kata Kunci:
media sosial, perilaku mahasiswa, uses and gratifications, sumber pembelajaran, analisis tematikAbstrak
Setiap pengguna media sosial tentunya memiliki motif tertentu dalam memenuhi kebutuhan serta kepuasan melalui media sosial. Hal ini sesuai dengan teori Uses and Gratifications (U&G), dimana suatu media tidak dapat mempengaruhi media atau konten yang dipilih oleh seseorang, termasuk didalamnya adalah sebagai pendukung untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif dan kepuasan mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya terkait perilaku mahasiswa saat menggunakan media sosial untuk mencari sumber pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif agar dapat memahami pemahaman orang lain pada suatu fenomena. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara secara semi-terstruktu, lalu data tersebut dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki berbagai cara dalam mendapatkan serta menggunakan informasi pembelajaran yang didapatkan di media sosial. Selain itu, mahasiswa mencari sumber pembelajaran di media sosial tertentu karena berbagai alasan seperti banyak pengguna, akses yang mudah, dan lainnya. Tiap mahasiswa juga memiliki preferensi tipe konten pembelajaran yang dicari. Faktor yang mendasari kepuasan mahasiswa terhadap sumber pembelajaran yang didapatkan melalui media sosial dipengaruhi dari segi konten, informasi yang didapatkan, serta penggunaan media sosial tersebut,