Perancangan User Experience Alat Ukur Evaluasi Pengalaman Pengguna Metode Intrinsic Motivation Inventory berbasis Website (Studi Kasus : Diskominfo Ngawi)

Perancangan User Experience Alat Ukur Evaluasi Pengalaman Pengguna Metode Intrinsic Motivation Inventory berbasis Website (Studi Kasus : Diskominfo Ngawi)

Penulis

  • Annisa Sukmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mahardeka Tri Ananta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Dwija Wisnu Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

evaluasi pengalaman pengguna, alat ukur, intrinsic motivation inventory, user-centered design, usability testing

Abstrak

Pengalaman pengguna merupakan seluruh efek yang dirasakan oleh pengguna setelah pengguna melakukan interaksi baik dengan sistem, perangkat, ataupun produk. Pengalaman pengguna salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, baik ketika proses perancangan maupun pengembangan pada suatu produk. Tujuannya yaitu untuk mengetahui perasaan pengguna, menilai motivasi dan mengetahui harapan pengguna untuk sistem tersebut. Intrinsic Motivation Inventory (IMI) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengukur pengalaman subjektif dari pengguna yang berinteraksi dengan sistem. Evaluasi pada metode ini lebih mengutamakan tingkat persepsi intrinsik pengguna terhadap skala nilai/kegunaan, minat/kesenangan, dan persepsi pilihan pengguna saat berinteraksi dengan sistem.Untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi desain berupa alat ukur berbasis IMI yang bernama IMITO. Dalam perancangan IMITO peneliti memilih metode User Centered Design (UCD), karena proses perancangan metode berfokus kepada sisi kebutuhan pengguna dan analisis target audiens yang lebih mendalam. Evaluasi solusi desain sesuai dengan pengujian usability testing yang diuji oleh 12 partisipan. Hasil uji usability pada aspek effectiveness 98%, aspek efficiency 13,44 goals/second dan aspek satisfaction 75% yang termasuk dalam grade B. Berdasarkan ketiga aspek tersebut diperoleh nilai akhir usability sebesar 90,02% yang termasuk ke dalam kategori adjective rating Excellent, grade A.

Unduhan

Diterbitkan

24 Feb 2023

Cara Mengutip

Sukmawati, A., Ananta, M. T., & Brata, D. W. (2023). Perancangan User Experience Alat Ukur Evaluasi Pengalaman Pengguna Metode Intrinsic Motivation Inventory berbasis Website (Studi Kasus : Diskominfo Ngawi). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(1), 219–228. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12141

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...