Pengembangan Gim Edukasi Pembelajaran IQRA-1 dan Tajwid menggunakan Augmented Reality
Kata Kunci:
metode iqra, gamifikasi, augmented reality, huruf hijaiyah, system usability scale(SUS)Abstrak
Mempelajari, memahami serta mengamalkan Al-Qur'an merupakan hal wajib yang dilakukan setiap muslim dalam berkehidupan kesehariannya. Namun, untuk saat ini, metode pembelajaran Al-Qur'an tingkat dasar masih menggunakan metode konvensional, salah satunya dengan metode teori IQRA, di mana hal ini kurang disukai oleh para pelajar dalam mempelajari huruf hijaiyah. Hal ini dapat disiasati dengan memanfaatkan teknologi yang saat ini sudah mudah digunakan oleh berbagai kalangan usia, khususnya anak-anak. Media belajar juga bisa ditambahkan aspek gamifikasi seperti level dan skor untuk menciptakan ekosistem belajar yang lebih menarik. Selain itu teknologi Augmented Reality yang dapat menampilkan informasi digital ke dunia nyata juga mulai banyak diterapkan untuk menambah imersifitas dalam penggunaan media edutainment. Maka dari itu dibuatlah Gim AR-IQRA-1 dan Tajwid, yang mengemas teknik pembelajaran IQRA dengan lebih interaktif, menarik dan modern, sebagai opsi metode pembelajaran yang lebih modern untuk menambah minat belajar pelafalan huruf hijaiyah. Gim AR-IQRA-1 dan Tajwid dikembangkan dengan teknologi AR dengan metode markerless yang memunculkan citra 3D huruf-huruf hijaiyah. Pengembangan Gim AR-IQRA-1 dan Tajwid menggunakan metode meliputi analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Pengujian fungsional Gim AR-IQRA-1 dan Tajwid menghasilkan 4 ragam fungsi yang dinyatakan terpenuhi dengan keseluruhan struktur logika yang valid. Pengujian usability Gim AR-IQRA-1 dan Tajwid yang dilakukan menggunakan teknik System Usability Scale(SUS) dengan responden sejumlah 24 pelajar, mendapati perolehan hasil sebesar 81,04 yang berati Gim AR-IQRA-1 dan Tajwid memiliki kriteria acceptable dan grade B dengan rating excellent.