Perancangan Interaksi Terhadap Sistem Informasi Pendukung Proses Bisnis Percetakan Menggunakan Metode Human Centered Design: Kasus CV Wins Advertising
Kata Kunci:
catatan, sistem informasi, interaksi, human centered design, pengujian usabilityAbstrak
CV Wins Advertising merupakan perusahaan percetakan yang berdiri sejak tahun 2011 di Kota Batu. Saat ini, CV Wins Advertising menjalankan proses bisnisnya dengan metode konvensional seperti pengawasan, pencatatan pesanan, dan penyerahan pesanan kepada bagian produksi. Hal ini berpotensi menimbulkan permasalahan yaitu kehilangan catatan pesanan dan kelalaian proses bisnis. Oleh karena itu, diperlukan digitalisasi dan rancangan interaksi yang baik terhadap solusi digital yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang interaksi terhadap sistem informasi pendukung proses bisnis percetakan berbasis web untuk proses pengawasan, pencatatan pesanan, hingga penyerahan kepada bagian produksi agar catatan pesanan dapat tersimpan dengan terstruktur dan meminimalisir kelalaian dalam proses bisnis. Pendekatan perancangan yang digunakan adalah Human Centered Design (HCD). Pada penelitian ini dihasilkan dua jenis rancangan yaitu prototipe berfidelitas tinggi pada komputer dan ponsel. Dua jenis rancangan tersebut dievaluasi oleh pengguna menggunakan pengujian usability berbasis skenario pada Single Ease Question (SEQ) untuk mengukur tingkat kesulitan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rancangan mudah digunakan dan dihasilkan beberapa saran perbaikan yang meliputi perincian laporan, penambahan kebutuhan konten pada presensi karyawan, dan penambahan kebutuhan berupa notifikasi.