Perancangan User Experience Aplikasi Creative Service Marketplace berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
digital marketing, jasa kreatif, freelancer, user experience, design thinking, SEQ, Single Ease Question, UEQ, User Experience QuestionnaireAbstrak
Untuk membantu mengembangkan bisnis, digital marketing menjadi salah satu strategi bisnis yang banyak digunakan. Dalam digital marketing, kreatifitas menjadi hal yang penting sehingga meningkatnya kebutuhan jasa dari industri kreatif. Namun, terdapat masalah yang dihadapi oleh penyedia jasa (freelancer) dan pencari jasa (pemilik usaha) dalam menemukan dan mencari penyedia jasa sesuai kebutuhan dan harga, tidak adanya penyedia jasa yang tersedia untuk dijadikan sebagai mitra kerja sama, tidak adanya pilihan dari penyedia jasa, tidak transparannya proses pengerjaan jasa, waktu pengerjaan yang tidak sesuai perjanjian, serta terkendala pada komunikasi yang menyebabkan hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Maka, dilakukan perancangan user experience aplikasi creative service marketplace berbasis mobile menggunakan metode design thinking untuk membantu pengembang dalam menyelesaikan masalah tersebut. Design thinking digunakan sebagai metode dalam perancangan ini, terdiri dari emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Pada tahapan pengujian, untuk pengujian usability menggunakan task scenario dan Single Ease Question (SEQ) untuk mengukur efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Dengan hasil efektivitas sebesar 94,4%, efisiensi sebesar 91,4% dan kepuasan lebih dari sama dengan 6,2. User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan untuk menguji interaksi dengan desain solusi yang diberikan.