Pengembangan Kualitas Service Toko Bagus Sidoarjo menggunakan Sistem Informasi Penjualan berbasis Web
Kata Kunci:
laravel, pengembangan perangkat lunak, sistem informasi penjualan, toko bagus, waterfall, websiteAbstrak
Toko Bagus merupakan salah satu toko sepeda yang ada di Kabupaten Sidoarjo yang melayani service, penjualan sepeda dan penjualan sparepart sepeda. Saat ini Toko Bagus sudah memiliki Sistem Informasi Penjualan, namun masih memiliki beberapa kekurangan yaitu belum memiliki website frontend. Sedangkan pada website backend belum terdapat fitur pemesanan barang pada supplier. belum terdapat fitur laporan penerimaan barang supplier dan hak akses aktor pada sistem. Oleh karena itu, dibangun sebuah Sistem Informasi Penjualan berbasis website yang merupakan pengembangan dari Sistem Informasi sebelumnya. Proses pengembangan Sistem Informasi ini menggunakan SDLC model waterfall. Tahapannya adalah studi literatur, pengumpulan data, rekayasa kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pengambilan kesimpulan dan saran. Di tahapan rekayasa kebutuhan Sistem Informasi Penjualan Toko Bagus Sidoarjo memiliki 28 kebutuhan fungsional serta 1 kebutuhan non-fungsional. perancangan arsitektur, perancangan komponen, perancangan data, dan perancangan antarmuka. Di tahapan pengujian menggunakan metode white-box testing dan black-box testing. Pada white-box testing menggunakan metode basis path testing yang dilakukan pada 3 fungsi utama pada sistem, selanjutnya pada black-box testing memakai user acceptance testing (UAT) menghasilkan nilai 89% pada aktor admin dan nilai 90% pada aktor owner.