Analisis Perbandingan Metode Autentikasi pada Mobile Banking menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada BTN Mobile dan Livin' by Mandiri)
Kata Kunci:
autentikasi, bank, mobile banking, btn mobile, livin' by mandiri, user experience questionnaireAbstrak
Autentikasi merupakan suatu tindakan yang dilakukan sebagai pembuktian identitas pengguna ketika pengguna ingin memasuki suatu sistem atau aplikasi, salah satunya adalah aplikasi mobile banking atau m-banking. Setiap aplikasi m-banking menggunakan metode autentikasi yang berbeda-beda contohnya seperti metode autentikasi pada aplikasi BTN Mobile dan Livin' by Mandiri. Pada aplikasi BTN Mobile, metode autentikasi yang digunakan merupakan metode mToken. Metode tersebut merupakan metode pengiriman kode numerik khusus melalui SMS ke ponsel pengguna yang ingin melakukan transaksi finansial. Berbeda dengan metode autentikasi pada aplikasi BTN Mobile, pada aplikasi Livin' by Mandiri menggunakan metode autentikasi yang sangat umum yaitu metode pengisian PIN (Personal Identification Number). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbandingan terkait keefisienan metode autentikasi yang digunakan pada aplikasi BTN Mobile dan Livin' by Mandiri dengan menggunakan pengujian skenario. Selain itu, dilakukan juga analisis perbandingan pengalaman pengguna dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) terhadap kedua aplikasi. Dalam proses pengambilan data, dilakukan pengujian skenario bersama 11 partisipan dan dilakukan penyebaran kuesioner kepada 52 partisipan. Dari proses analisis yang dilakukan, didapatkan bahwa aplikasi Livin' by Mandiri lebih efisien dan lebih cepat daripada aplikasi BTN Mobile. Selain itu, aplikasi Livin' by Mandiri juga memberikan impresi yang lebih baik terkait pengalaman pengguna terutama pada aspek kebaruan dibandingkan aplikasi BTN Mobile.