Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website DPD PPNI Kabupaten Malang menggunakan Pendekatan Design Thinking
Kata Kunci:
Design Thinking, Usability Testing, Single Ease Question (SEQ), Antarmuka PenggunaAbstrak
DPD PPNI Kabupaten Malang merupakan salah satu organisasi yang menaungi profesi perawat di daerah Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil wawancara singkat dengan salah satu pengurus, terdapat permasalahan pada website dan beliau ingin mengintegrasikan website tersebut dengan layanan keanggotaan dan koperasi. Maka dari itu, untuk memperbaiki website yang dimiliki, diperlukan rancangan desain antarmuka pengguna. Pada penelitian ini, menggunakan pendekatan Design Thinking dalam proses perbaikannya. Terdapat 5 tahapan yang harus dilakukan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil penelitian ini berupa rancangan desain antarmuka pengguna untuk kategori pengguna admin dan anggota. Untuk kategori pengguna admin, terdapat fitur untuk memverifikasi pengajuan keperluan keanggotaan dan transaksi koperasi. Sedangkan untuk kategori pengguna anggota, terdapat fitur untuk melihat company profile, katalog barang yang dijual di koperasi, pengajuan keperluan keanggotaan, dan transaksi koperasi. Rancangan yang telah dibuat, kemudian dievaluasi menggunakan metode Usability Testing dan Single Ease Question (SEQ) yang menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi menggunakan Usability Testing didapatkan beberapa saran dari responden. Dari hasil evaluasi menggunakan SEQ, didapatkan skor 6,5 dari rentang skala 7 dari kategori pengguna admin dan anggota.