Evaluasi User Experience pada Aplikasi BCA Mobile dan MyBCA dengan menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)
Kata Kunci:
analisis, User Experience (UX), usability, usability testing, User Experience Questionnaire (UEQ), Single Ease Question (SEQ)Abstrak
BCA Mobile dan MyBCA adalah dua aplikasi mobile banking yang dirilis oleh BCA. Pengguna BCA Mobile mengeluhkan masalah lampu indikator sinyal, banyaknya langkah yang diperlukan untuk bertransaksi, dan kurangnya fitur "share". Sedangkan MyBCA disukai oleh pengguna karena tampilannya yang modern, menarik, fitur biometric login, dan kecepatan. Namun, MyBCA memiliki fitur terbatas dan proses pendaftaran yang sulit. Penelitian ini menggunakan usability testing dan Single Ease Questionnaire (SEQ) sebagai parameter kenyamanan pengguna untuk mengukur pengaruh jumlah klik dan durasi terhadap kenyamanan pengguna kedua aplikasi serta User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna berdasarkan attractiveness, efficiency, stimulation, novelty, perspicuity dan dependability. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan jumlah klik dan durasi antara kedua aplikasi. MyBCA memiliki rata-rata jumlah klik yang lebih rendah dan rata-rata durasi yang lebih singkat. Namun, tidak ada perbedaan kenyamanan pengguna antara kedua aplikasi. Jumlah klik dan durasi tidak memengaruhi kepuasan pengguna pada kedua aplikasi tersebut. Terdapat perbedaan attractiveness, efficiency, stimulation, dan novelty, namun tidak pada faktor perspicuity dan dependability antara kedua aplikasi. MyBCA memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi pada semua faktor UEQ dibandingkan dengan BCA Mobile, yang menunjukkan bahwa faktor tersebut mempengaruhi kepuasan pengguna untuk kedua aplikasi.