Perancangan Chatbot Layanan Akademik Website FILKOM UB menggunakan Metode Human Centered Design
Kata Kunci:
chatbot, layanan akademik, Human Centered Design, Filkom UB, usability testing, SUS, chatbot, academic services, Human Centered Design, Filkom UB, usability testing, SUSAbstrak
Teknologi telah menjadi kebutuhan dasar manusia terutama di berbagai bidang kehidupan, terutama bidang pendidikan. Salah satu bentuk penerapan teknologi di bidang pendidikan yaitu chatbot. Selama ini, penerapan chatbot di bidang pendidikan masih terbilang kurang dikarenakan pelayanan akademik yang kurang efektif. Maka, akan dirancang bangun chatbot layanan akademik berbasis web dengan fokus interaksi antara chatbot dengan manusia yang dapat membantu pelayanan akademik dalam melayani mahasiswa dan calon mahasiswa tentang pelayanan akademik di Filkom UB. Chatbot tersebut dirancang menggunakan tools Tidio dan menggunakan metode Human Centered Design (HCD). Tahapan dalam HCD terdiri dari memahami dan menspesifikasikan konteks kegunaan, analisis kebutuhan pengguna, pembuatan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Pada tahap evaluasi desain solusi, dilakukan pengujian usability dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk menguji aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan terhadap desain solusi yang telah dibuat. Berdasarkan hasil pengujian, pengujian efektivitas mendapatkan nilai 100%, nilai efisiensi 100%, dan nilai kepuasan pengguna yang didapatkan melalui hasil kuesioner SUS 78.7%. Setelah dilakukan perhitungan, didapatkan tingkat usability 92.9%. Berdasarkan tingkat usability tersebut, menunjukkan hasil rancangan chatbot telah mencapai kategori sangat baik. Berdasarkan tingkat kepuasan yang dicapai serta pendapat terhadap aspek positif yang diberikan partisipan selama pengujian, disimpulkan bahwa kebutuhan yang telah diidentifikasi telah terpenuhi.