Perancangan Interaksi Aplikasi Tes Minat Bakat Daring untuk Firma Psikologi Jejak Kaki dengan Metode Goal-Directed Design

Perancangan Interaksi Aplikasi Tes Minat Bakat Daring untuk Firma Psikologi Jejak Kaki dengan Metode Goal-Directed Design

Penulis

  • Pamostang William Richard Hamonangan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Keyword: Tes Minat Bakat Daring, Goal-Directed Design, Rancangan Interaksi

Abstrak

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang besar terhadap hidup umat manusia. Keberadaan virus tersebut menyebabkan perubahan dari gaya hidup manusia, selain juga mempengaruhi sektor ekonomi. Kebijakan dari pemerintah untuk menjaga jarak agar mengurangi penyebaran virus menuntut adaptasi dari berbagai macam institusi seperti sekolah, universitas dan bisnis, sehingga munculah istilah work from home dan low-touch economy agar proses bisnis yang dimiliki setiap institusi terus berjalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancangan interaksi dari sebuah produk yang dapat membantu Firma Psikologi Jejak Kaki menjalankan usahanya dalam kondisi masa kini. Penelitian ini menggunakan metode Goal-Directed Design (GDD), yang membantu merancang sistem Tes Minat Bakat Daring (TMB-D) sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan klien stakeholder. Tahap awal dari GDD merupakan pengumpulan data dengan observasi dengan metode contextual inquiry dan wawancara tradisional dengan stakeholder. Proses selanjutnya dari GDD adalah pemetaan dari kebutuhan-kebutuhan stakeholder, dan perancangan model-model yang diperlukan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan dalam tahap sebelumnya. Tahap ketiga dalam metodologi GDD berfokus pada pendefinisian framework kerja, yang dilanjutkan dengan tahap terakhir dalam GDD yang menghasilkan sebuah prototipe fidelitas rendah yang selanjutnya dilakukan evaluasi usability terhadap prototipe tersebut. Dalam hasil akhirnya, ditemukan bahwa prototipe dari antarmuka klien tidak perlu perubahan signifikan, sementara prototipe antarmuka psikolog perlu modifikasi agar mempermudah navigasi bagi kelompok pengguna psikolog.

Unduhan

Diterbitkan

02 Mar 2023

Cara Mengutip

Hamonangan, P. W. R., & Aknuranda, I. (2023). Perancangan Interaksi Aplikasi Tes Minat Bakat Daring untuk Firma Psikologi Jejak Kaki dengan Metode Goal-Directed Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 623–632. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12264

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...