Pengembangan Customer Relationship Management (CRM) Sistem Umpan Balik Pelanggan (Customer Feedback System) pada Perusahaan XYZ
Kata Kunci:
Umpan balik pelanggan, Customer Relationship Management, websiteAbstrak
Proses penanganan umpan balik pelanggan pada perusahaan XYZ saat ini dilakukan oleh customer service melalui social media, data umpan balik disimpan dan di kelola di spreadsheet. Saat ini mengalami beberapa kendala, adanya penyampaian umpan balik berulang, tidak adanya penyampainan penyelesaian kendala kepada semua pelanggan, sulit berkomunikasi lebih lanjut dengan pelanggan karena data pelanggan tidak mendetail, hinggal data umpan balik tidak mutakhir. Selain itu, Perlu adanya prioritas umpan balik pelanggan. Serta proses penanganan umpan balik yang melibatkan divisi lain harus melalui customor service sehingga memperlambat kinerja. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut penelitian ini mengusulkan membuat sistem umpan balik pelanggan. Dalam menyelesaikan masalah tersebut dilakukan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, serta pengujian dengan menerapkan pendekatan berorientasi objek. Proses analisis kebutuhan dilakukan dengan melakukan elisitasi kebutuhan dari proses bisnis, hingga menghasilkan spesifikasi kebutuhan. Proses perancangan menghasilkan rancangan class, data, dan antar muka yang digunakan untuk prosen implementasi. Proses implementasi menghasilkan implementasi basis data, implementasi kode program, dan implementasi antarmuka. Selanjutnya diuji dengan menggunakan metode whitebox dan blackbok untuk mendapatkan sesesuaian dengan kebutuhan dan rangcangan yang dibuat, dan juga dilakukan pengujian compatibility untuk memasitikan sistem dapat diakses di semua browser.