Evaluasi dan Perbaikan Desain Pengalaman Pengguna Aplikasi Pelayanan Publik Smart Kampung Kabupaten Banyuwangi menggunakan Pendekatan Human Centered Design

Evaluasi dan Perbaikan Desain Pengalaman Pengguna Aplikasi Pelayanan Publik Smart Kampung Kabupaten Banyuwangi menggunakan Pendekatan Human Centered Design

Penulis

  • Rivo Dimas Prakasa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Intan Sartika Eris Maghfiroh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

smart city, smart kampung, human-centered design, Mecue, pengalaman pengguna

Abstrak

Kabupaten Banyuwangi memiliki konsep smart city bernama Smart Kampung. Smart Kampung memberikan akses layanan publik kepada masyarakat melalui aplikasi. Aplikasi Smart Kampung menyediakan layanan administrasi kependudukan, pengaduan, dan informasi terkini dari Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan hasil observasi pada google play store ditemukan permasalahan yang membuat rating aplikasi ini hanya sebesar 3.0 dan hasil wawancara dengan pihak DISKOMINFO Banyuwangi juga menyatakan bahwa belum adanya evaluasi yang secara langsung melibatkan pengguna sehingga untuk mengurangi permasalahan pengguna yang berhubungan dengan user experience diperlukan evaluasi serta perancangan solusi terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dan metode Modular Evaluation of Key Components of User Experience (Mecue) untuk mengevaluasi dan melakukan perbaikan terhadap aplikasi Smart Kampung. Hasil evaluasi awal dengan 35 responden menghasilkan nilai rata-rata tertinggi pada indikator usefulness dengan nilai 6.20 dan nilai rata-rata terendah pada indikator negative emotions dengan nilai 2.56. Selain itu, ditemukan 3 permasalahan besar yang terdiri dari 14 permasalahan spesifik terkait tampilan antarmuka, alur penggunaan, dan informasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan perancangan perbaikan yang dilanjutkan dengan pengujian ulang. Hasil perbaikan memberikan pengaruh positif terhadap seluruh indikator pada kuesioner Mecue. Peningkatan terbesar ada pada indikator visual aesthetic sebesar 1.08 dan peningkatan terendah ada pada indikator usefulness sebesar 0.19.

Unduhan

Diterbitkan

03 Mar 2023

Cara Mengutip

Prakasa, R. D., Wijoyo, S. H., & Maghfiroh, I. S. E. (2023). Evaluasi dan Perbaikan Desain Pengalaman Pengguna Aplikasi Pelayanan Publik Smart Kampung Kabupaten Banyuwangi menggunakan Pendekatan Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 727–736. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12295

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...