Implementasi Robot Manipulator menggunakan Sinyal Electromyography berdasarkan Pergerakan Kaki Manusia
Kata Kunci:
berpikir komputasi, motivasi belajar, dasar desain grafis, keterampilan, sekolah menengah kejuruan.Abstrak
Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir komputasi yang dimiliki oleh siswa apakah mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. penelitian kuantitatif deskriptif ini diikuti 80 responden untuk mengisi lembar jawaban essay dan kuesioner saat pengumpulan datanya dengan menganalisis berpikir problem solving, berpikir logis, berpikir terstruktur, dan berpikir kreatif. Perlunya prosedur dalam merancang desain yang tepat dibutuhkannya imajinasi yang tinggi untuk mengeluarkan ide-ide kreatif. Dalam mengukurnya dilakukan pengumpulan data berupa tes essay berpikir komputasi dan kuesioner untuk motivasi belajar. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa uji berpikir komputasi tes essay menunjukkan hasil rerata keseluruhan 56,75 bila dipersentase yaitu 71% dari 80 siswa dan hasil dari motivasi menggunakan kuesioner menghasilkan rerata 72,29 bila dipersentase yaitu 90% dari 80 siswa. Hasil analisis uji-t menujukkan nilai signifikansi -9,118 < 1,994 untuk berpikir komputasi dan 0,001 < 0,05 untuk motivasi yang artinya memenuhi dan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara berpikir komputasi terhadap motivasi belajar dengan pengaruh 9,2% dari hasil yang didapat dari penelitian.