Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Penyewaan Alat Pendakian Gunung menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus : Jawa Timur Outdoor Malang)

Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Penyewaan Alat Pendakian Gunung menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus : Jawa Timur Outdoor Malang)

Penulis

  • Muhammad Alfan Mubarrak Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Penyewaan alat, alat pendakian, usability, user experience questionnaire

Abstrak

Penyewaan alat pendakian gunung merupakan layanan penyewaan alat pendakian gunung dikarena kegiatan pendakian gunung jarang dilakukan dalam jangka waktu yang terbilang jarang dan peralatan gunung tebilang harganya tidak murah. Menindaklanjuti permasalahan tersebut, aplikasi mobile penyewaan alat pendakian gunung ini dirancang untuk kemudahan dalam melakukan penyewaan. Aplikasi ini memiliki layanan penyewaan mengambil alat di toko dan penyewaan alat secara pesan antar. Perancangan aplikasi ini melibatkan stakeholder penyedia layanan penyewaan alat pendakian gunung yang berada di kota Malang yaitu Jawa Timur Outdoor Malang. Untuk memberikan hasil user experience yang baik, maka pendekatan yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah Human Centered Design karena pendekatan ini memiliki fokus yang luas pada kebutuhan pengguna yang mana melibatkan stakeholder terkait serta calon penyewaan alat pendakian gunung yang akan menggunakan aplikasi ini. Tahap evaluasi desain solusi menggunakan usability testing dan user experience yang melibatkan 10 peserta. Hasil usability testing pada aplikasi ini diperoleh efektivitas 100%, efisiensi 0,082 gol/detik, dan kepuasan pengguna 82,3 dengan adjective rating excellent. Selanjutnya hasil uji user experience yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner pengalaman pengguna (UEQ) mendapatkan hasil benchmark dengan mendapatkan kategori sangat baik pada setiap aspek ,yaitu daya tarik 2.18, kejelasan 2.13, efisiensi 2.20, ketepatan 2.18, stimulasi 2.15, dan kebaruan 1.90.

Unduhan

Diterbitkan

06 Mar 2023

Cara Mengutip

Mubarrak, M. A., Tolle, H., & Az-Zahra, H. M. (2023). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Penyewaan Alat Pendakian Gunung menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus : Jawa Timur Outdoor Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 810–818. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12323

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...