Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Performa Mahasiswa Pasca Pandemi COVID-19

Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Performa Mahasiswa Pasca Pandemi COVID-19

Penulis

  • Diva Ratna Kumala Ardellia Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aryo Pinandito Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Yusi Tyroni Mursityo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

performa mahasiswa, motivasi belajar, pembelajaran pasca pandemi COVID-19, Community of Inquiry, mahasiswa

Abstrak

Performa mahasiswa pada kondisi pasca pandemi COVID-19 tentu terdapat perbedaan dengan kondisi daring saat pandemi COVID-19. Terdapat banyak faktor yang dapat meningkatkan performa mahasiswa. Pembelajaran pada masa transisi ini telah diterapkan oleh Universitas Brawijaya pada semester ganjil 2022 yang dimana menerapkan pembelajaran hybrid menuju luring. Dengan ini penelitian ditujukan untuk menganalisis terkait pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi belajar terhadap performa mahasiswa pada kondisi pasca pandemi COVID-19 yang diukur berdasarkan perbandingan pengalamannya dengan kondisi daring saat pandemi COVID-19 menggunakan metode kuantitatif. Data responden yang diterima pada penelitian ini sejumlah 122 mahasiswa aktif program studi Sistem Informasi Universitas Brawijaya mulai dari angkatan 2017 hingga angkatan 2022. Hasil analisis membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung dari motivasi belajar terhadap performa mahasiswa pada kondisi pasca pandemi COVID-19. Tetapi terdapat pengaruh tidak langsung antara motivasi belajar terhadap performa mahasiswa dengan melalui kerangka kerja Community of Inquiry (CoI). Kerangka kerja Community of Inquiry (CoI) terdiri atas Social Presence, Cognitive Presence, dan Teaching Presence. Analisis pengaruh tidak langsung ini menghasilkan bahwa Cognitive Presence dan Teaching Presence dapat memediasi pengaruh motivasi belajar terhadap performa mahasiswa. Sedangkan Social Presence membuahkan hasil bahwa tidak dapat memediasi pengaruh motivasi belajar terhadap performa mahasiswa.

Unduhan

Diterbitkan

06 Mar 2023

Cara Mengutip

Ardellia, D. R. K., Pinandito, A., & Mursityo, Y. T. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Performa Mahasiswa Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 819–826. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12324

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...