Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Performa Mahasiswa Pasca Pandemi COVID-19
Kata Kunci:
performa mahasiswa, motivasi belajar, pembelajaran pasca pandemi COVID-19, Community of Inquiry, mahasiswaAbstrak
Performa mahasiswa pada kondisi pasca pandemi COVID-19 tentu terdapat perbedaan dengan kondisi daring saat pandemi COVID-19. Terdapat banyak faktor yang dapat meningkatkan performa mahasiswa. Pembelajaran pada masa transisi ini telah diterapkan oleh Universitas Brawijaya pada semester ganjil 2022 yang dimana menerapkan pembelajaran hybrid menuju luring. Dengan ini penelitian ditujukan untuk menganalisis terkait pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi belajar terhadap performa mahasiswa pada kondisi pasca pandemi COVID-19 yang diukur berdasarkan perbandingan pengalamannya dengan kondisi daring saat pandemi COVID-19 menggunakan metode kuantitatif. Data responden yang diterima pada penelitian ini sejumlah 122 mahasiswa aktif program studi Sistem Informasi Universitas Brawijaya mulai dari angkatan 2017 hingga angkatan 2022. Hasil analisis membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung dari motivasi belajar terhadap performa mahasiswa pada kondisi pasca pandemi COVID-19. Tetapi terdapat pengaruh tidak langsung antara motivasi belajar terhadap performa mahasiswa dengan melalui kerangka kerja Community of Inquiry (CoI). Kerangka kerja Community of Inquiry (CoI) terdiri atas Social Presence, Cognitive Presence, dan Teaching Presence. Analisis pengaruh tidak langsung ini menghasilkan bahwa Cognitive Presence dan Teaching Presence dapat memediasi pengaruh motivasi belajar terhadap performa mahasiswa. Sedangkan Social Presence membuahkan hasil bahwa tidak dapat memediasi pengaruh motivasi belajar terhadap performa mahasiswa.