Pemodelan dan Evaluasi Proses Bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus : Bagian Humas Universitas Mataram)
Kata Kunci:
analisis dan perbaikan proses bisnis, BPI, BPMN.Abstrak
Humas Universitas Mataram merupakan bagian yang ada dibawah naungan Universitas Mataram yang bertujuan untuk menjadi pusat informasi, publikasi, dan dokumentasi. Humas Universitas Mataram memiliki 4 proses bisnis diantaranya, proses pengelolaan informasi, proses pengelolaan dokumentasi, penyelenggara kegiatan keprotokan daerah, dan penyelenggara tata usaha. Selama menjalani proses bisnis, Humas Universitas Mataram masih mendapati berbagai kendala seperti, sulitnya komunikasi dalam peroses pengambilan data dan kesulitan untuk mengetahui status berita. Harapan dari Kepala humas Universitas Mataram dengan memperhitungkan bantuan dan pemanfaatan dari sistem informasi yang diberikan, maka proses bisnis yang ada dapat berjalan lebih efisien kedepannya. Dari masalah yang telah diuraikan, maka dilakukan analisis dan perbaikan pada proses bisnis pengelolaan informasi. Metode analisis yang digunakan yaitu Business Process Improvement (BPI), lalu hasil analisis dan evaluasi selanjutnya akan dilakukan simulasi pada proses bisnisnya. Setelah dilakukan simulasi proses bisnis pengelolaan informasi menunjukkan terjadinya pengurangan total waktu pada proses bisnis yang dijalankan yaitu proses bisnis pengelolaan informasi sebesar 1060 menit menjadi 856 menit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan proses bisnis rekomendasi lebih efisien daripada pross bisnis sata ini pada Humas Universitas Mataram.