Eksplorasi Perilaku Mahasiswa dalam Implementasi Pembelajaran Hybrid di IT Telkom Surabaya
Kata Kunci:
eksplorasi, COVID-19, pembelajaran hybrid, IT Telkom Surabaya, Penelitian KualitatifAbstrak
Pandemi COVID-19 yang terjadi mengakibatkan banyak perubahan pada sektor pendidikan di Indonesia. Sebelum pandemi, Indonesia menerapkan metode pembelajaran tatap muka, kemudian berubah menjadi metode pembelajaran daring, dan sekarang menerapkan pembelajaran hybrid. Kemendikbudristek mengeluarkan surat edaran agar menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan sistem pembelajaran hybrid. IT Telkom Surabaya merupakan Lembaga Pendidikan yang menerapkan pembelajaran hybrid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan eksplorasi terkait pembelajaran hybrid, kendala yang dihadapi selama mengikuti pembelajaran hybrid, dan solusi dalam menangani kendala tersebut. Eksplorasi dilakukan dengan melakukan wawancara semi-terstruktur dengan dua belas mahasiswa IT Telkom Surabaya. Hasil dari wawancara dengan dua belas narasumber kemudian dilakukan transkrip. Hasil dari transkrip wawancara dilakukan analisis data menggunakan metode coding kualitatif dan analisis tematik. Hasil dari analisis data didapatkan bahwa pembelajaran hybrid di IT Telkom Surabaya dilaksanakan dengan cukup baik namun masih ditemukan kendala-kendala yang dialamami mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran hybrid. Kendala tersebut seperti E-Learning bermasalah, menjadi malas hingga mengantuk, dan sulit menangkap materi yang diberikan oleh dosen. Dari masalah tersebut mahasiswa memiliki cara tersendiri dalam menangani masalah yang dihadapi. Mahasiswa menyelesaikan masalah dengan meminta tolong kepada dosen, meminta tolong kepada teman, dan mereka juga menyelesaikan masalah dengan mencoba menyelesaikannya sendiri.