Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Kelas 11 Rekayasa Perangkat Lunak pada Mata Pelajaran Basis Data di SMK National Media Center Malang
Kata Kunci:
Faktor internal, faktor eksternal, prestasi belajar, analisis persentaseAbstrak
SMK National Media Center Malang yakni sebuah sekolah kejuruan yang berada di Kota Malang yang memiliki berbagai jurusan salah satunya adalah Rekayasa Perangkat Lunak. Pelaksanaan PLP di SMK National Media Center Malang bahwa prestasi belajar siswa pada umumnya berbentuk nilai disertai batas ketetapan minimun yang bernilai 75. Penilaian prestasi belajar siswa yang berupa kompetensi pengetahuan dapat dilaksanakan dengan tes tulis, lisan, maupun pemberian tugas. Tujuan dari observasi ini yakni dalam rangka menganalisis faktor apa sajakah yang memberikan pengaruh terkait dengan prestasi belajar murid kelas 11 Rekayasa Perangkat Lunak pada mata pelajaran Basis data di SMK National Media Center Malang. Untuk mencapai penilaian tersebut dibutuhkan faktor-faktor yang berperan penting diantaranya faktor internal yang memiliki aspek jasmani serta psikologis, serta faktor eksternal yang memiliki aspek lingkungan keluarga, sekolah serta masyarakat. Metode yang diterapkan penelitian ini yakni jenis kuantitatif disertai subyek penelitian sejumlah 62 siswa kelas XI SMK National Media Center Malang. Hasil penelitian yang mengacu pada analisis persentase menunjukkan bahwa semua faktor berpengaruh terhadap prestasi belajar. Analisis persentase menunjukkan skor pada faktor internal (jasmani) aspek kesehatan sebesar 98,06%, cacat tubuh 97,42%, intelegensi 97,42%, perhatian 97,10%, minat 98,39%, bakat 97,74%, motivasi 98,65%, lingkungan keluarga 97,10%, lingkungan sekolah 98,71%, dan lingkungan masyarakat 96,45% yang mana semua aspek tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar berdasarkan analisis persentase.