Perancangan User Experience Aplikasi Pelayanan Pelanggan menggunakan Metode Human Centered Design Studi Kasus : Bengkel Victoria Motor

Perancangan User Experience Aplikasi Pelayanan Pelanggan menggunakan Metode Human Centered Design Studi Kasus : Bengkel Victoria Motor

Penulis

  • Dozi Imam Nursyahbani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Fais Al Huda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

bengkel motor, user experience, human-centered design, usability testing, system usability scale

Abstrak

Bengkel Victoria Motor adalah salah satu bengkel yang terletak di Kota Malang. Bengkel yang telah berdiri selama puluhan tahun ini telah mendapatkan kepercayaan yang baik dari pelanggan. Namun, beberapa pelanggan bengkel Victoria Motor memiliki kendala saat ingin servis motor pada jam kerja seperti, pada saat melakukan servis motor membutuhkan waktu yang lama, belum adanya pelayanan anatar jemput untuk servis motor, kemudian tidak ada pemberitahuan yang cepat apabila servis motor sudah selesai dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang User Experience Aplikasi pelayanan pelanggan sebagai solusi yang memiliki nilai usability dan user experience yang baik. Pendekatan desain yang berpusat pada manusia digunakan dengan memperhatikan elemen User Experience. Dimulai dengan analisis konteks pengguna, persyaratan pengguna dianalisis dan desain solusi dibuat. Evaluasi desain menggunakan Usability Testing menghasilkan nilai efektivitas tingkat keberhasilan versi pelanggan sebesar 97,915%, untuk versi teknisi sebesar 93,75%, dan untuk versi admin 91,65%. Penyelesaian tugas rata-rata adalah 94,43%. efesiensi aplikasi pelayanan pelanggan Victoria Motor sebesar 93.45% untuk versi pelanggan, 63,95% untuk versi teknisi, dan 61,1% untuk persi admin. Dan dari aspek erorr diketahui tingkat error aplikasi pelayanan pelanggan Victoria Motor sebesar 0% untuk versi pelanggan, 0% untuk versi teknisi, dan 0% untuk persi admin. Kepuasan pelanggan mendapatkan nilai 89,2% dari pengujian system usabilty scale, yang artinya acceptability ranges mendapatkan score acceptable, kemudian grade scale dengan grade B, dan adjective rating mendapatkan excelent. Oleh karena itu, solusi desain memiliki nilai positif dalam hal pengalaman pengguna dan kegunaan.

Unduhan

Diterbitkan

06 Mar 2023

Cara Mengutip

Nursyahbani, D. I., Kharisma, A. P., & Al Huda, F. (2023). Perancangan User Experience Aplikasi Pelayanan Pelanggan menggunakan Metode Human Centered Design Studi Kasus : Bengkel Victoria Motor. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 872–881. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12336

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...