Penggunaan Metode Human-Centered Design dalam Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi UMKM Kelurahan Cacaban Kota Magelang
Kata Kunci:
pengalaman pengguna, user experience, human-centered design, kuesioner USE, user-experience questionnaire (UEQ), UMKMAbstrak
Cacaban merupakan salah satu kelurahan di kota Magelang dengan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang beragam. Dinas Perindustrian dan Perdagangan memegang peran sebagai stakeholder. Melalui wawancara pedagang UMKM setuju bila terdapat platform yang dapat membantu mempromosikan produk usaha mereka. Selain pedagang, peran konsumen terlibat untuk memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini merancang aplikasi sistem informasi UMKM dengan metode human-centered design karena melibatkan manusia sebagai pengguna dari segi kebutuhan dan tingkah laku. Hasil akhir dari penelitian ini adalah mockup aplikasi mobile. Evaluasi melibatkan usability testing dan user experience. Hasil usability testing aspek effectiveness sebanyak 100% pada kelompok konsumen dan pedagang. Hasil rata-rata usability testing aspek efficiency pada kelompok konsumen senilai 0,37 sekon dari tiga task sedangkan kelompok pedagang senilai 0,72 sekon dari lima task. Hasil rata-rata usability testing aspek satisfaction pada kelompok konsumen berjumlah 86% sedangkan kelompok pedagang berjumlah 91%. Hasil pengukuran pengalaman pengguna pada kelompok konsumen mendapatkan hasil kategori good dan excellent namun pada novelty mengalami penurunan menjadi below average, karena partisipan menilai aplikasi menyerupai kompetitor lain. Hasil pengalaman pengguna pada sisi kelompok pedagang mendapatkan hasil kategori good.