Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Klinik berbasis Web (Studi Kasus: Klinik Ortho Dental Malang)
Kata Kunci:
klinik, ortho dental, sistem informasi manajemen, waterfallAbstrak
Klinik Ortho Dental adalah sebuah fasilitas layanan kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terletak di Jalan Raya Tlogomas, Malang, Jawa Timur. Pelayanan yang disediakan oleh Klinik Ortho Dental Malang yaitu pasang behel, veneer, scalling dan pemasangan gigi palsu (denture). Masalah di Klinik Ortho Dental Malang yaitu kesulitan dalam pemesanan dan pendaftaran pasien, belum ada sistem rekam medis, data transaksi hilang dan laporan transaksi tidak akurat. Dari masalah tersebut, maka dikembangkan SIMK Ortho Dental Malang berbasis web yang dapat memudahkan proses pemesanan perawatan dan pendaftaran pasien, pencatatan rekam medis, transaksi dan laporan transaksi. Pengembangan SIMK Ortho Dental Malang menggunakan model waterfall dan menghasilkan 5 aktor yaitu user, admin, dokter, front office, pasien, 1 kebutuhan non-fungsional dan 48 kebutuhan fungsional. Hasil pengujian validasi dan unit SIMK Ortho Dental Malang 100% valid. Hasil pengujian compatibility SIMK Ortho Dental Malang menggunakan tools SortSite menunjukkan sistem kompatibel dengan web browser desktop Edge, Firefox, Opera, Safari, Chrome dan web browser pada android maupun iOS.