Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Homestay berbasis Web Studi Kasus Omah Kweni Homestay

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Homestay berbasis Web Studi Kasus Omah Kweni Homestay

Penulis

  • Dwiky Rifandianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Djoko Pramono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bondan Sapta Prakoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Homestay, Sistem Informasi Manajemen, Waterfall, Black-Box Testing, User Acceptance Testing

Abstrak

Omah Kweni Homestay adalah penginapan jenis homestay yang terletak di area Bantul, Kota Yogyakarta yang merupakan kota pariwisata dan dapat menjadi peluang bisnis di industri perhotelan. Homestay ini menghadapi masalah operasional yang masih dikelola secara konvensional, seperti menggunakan buku catatan yang mengakibatkan penyimpanan data yang tidak dapat diandalkan, serta pembuatan laporan reservasi dan gudang yang memakan waktu lama. Untuk mengatasi masalah ini, solusi yang diusulkan adalah dengan mengembangkan sistem informasi manajemen yang dapat membantu pengelolaan homestay. Pengembangan sistem ditargetkan untuk resepsionis, roomboy, pemasaran, dan manajer. Metode pengembangan Waterfall digunakan dalam penelitian ini karena cocok untuk proses bisnis homestay yang berjalan secara paralel, di mana kebutuhan homestay tidak berubah. Penggunaan metode pengembangan Waterfall dilakukan dengan 4 tahap. Tahap analisis kebutuhan menghasilkan 6 pemodelan proses bisnis, 11 fitur sistem, 36 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non-fungsional sistem, dan 9 Use case beserta Use case Scenario. Tahap perancangan sistem menghasilkan 9 Sequence Diagram, 8 Class Diagram terdiri dari class controller dan class model, 1 Physical Data Model, dan 7 Wireframe. Tahap implementasi sistem menghasilkan implementasi dari rancangan pada tahap sebelumnya. Tahap pengujian sistem menggunakan metode black-box testing menghasilkan 15 kasus pengujian dan compatibility testing menggunakan aplikasi bantuan SortSite 6 Trial dengan hasil 8 minor issue, User Acceptance Testing menghasilkan indeks persentase 90% untuk resepsionis, 91,42% untuk marketing, 92,5% untuk Roomboy, dan 97,14% untuk manager. Hasil pengujian penerimaan pengguna menunjukan bahwa seluruh pengguna setuju dengan pengembangan sistem informasi yang dikembangkan.

Unduhan

Diterbitkan

06 Mar 2023

Cara Mengutip

Rifandianto, D., Pramono, D., & Prakoso, B. S. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Homestay berbasis Web Studi Kasus Omah Kweni Homestay. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 917–926. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12346

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...