Analisis Protokol Routing Reactive pada Jaringan Vehicular Ad Hoc Network (VANET) dengan Model Skenario Jalan Tol

Analisis Protokol Routing Reactive pada Jaringan Vehicular Ad Hoc Network (VANET) dengan Model Skenario Jalan Tol

Penulis

  • Muhammad Syauqi Dhiaulhaq Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

VANET, AODV, DSR

Abstrak

VANET adalah sebuah jaringan ad hoc yang menyebar melalui objek bergerak, menghubungkannya dalam jangkauan jaringan dan memungkinkan komunikasi atau interaksi di antara mereka. VANET memiliki karakteristik High Mobility dan Dynamic Network Topology. Topologi jaringan akan cepat berubah akibat dari setiap node yang bergerak. Akibatnya, protokol routing diperlukan untuk semua operasi jaringan, termasuk pengiriman pesan dan pencarian rute yang ditangani oleh setiap node. Penelitian ini mengimplementasikan dan menguji protokol routing DSR dan AODV pada environment VANET di network simulator NS-2, di mana dilakukan penelitian pada protokol DSR dan AODV dengan melakukan simulasi terhadap skenario jalan tol dan jumlah node yang berbeda beda, Dalam melakukan pengujian ini terdapat beberapa metrik yang dipakai diantaranya throughput, packet delivery ratio dan end to end delay (E2D). Kinerja dari VANET dengan menggunakan protokol routing DSR lebih baik dibandingkan dengan protokol routing AODV, dengan menggunakan DSR didapatkan nilai rata rata untuk metrik end to end delay sebesar 10379.83ms dibandingkan dengan AODV yang didapatkan nilai rata rata sebesar 10651.63ms. Kemudian dengan routing protokol DSR didapatkan nilai rata rata untuk metrik packet delivery ratio sebesar 84.51% dibandingkan dengan AODV yang didapatkan nilai rata rata sebesar 82.94%. Kemudian dengan routing protokol DSR didapatkan nilai rata rata untuk metrik throughput sebesar 295.10 Kbps dibandingkan dengan AODV yang didapatkan nilai rata-rata sebesar 289.18 Kbps.

Unduhan

Diterbitkan

06 Mar 2023

Cara Mengutip

Dhiaulhaq, M. S. (2023). Analisis Protokol Routing Reactive pada Jaringan Vehicular Ad Hoc Network (VANET) dengan Model Skenario Jalan Tol. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 944–952. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12351

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...