Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) pada Aplikasi Marketplace OLX menggunakan Usability Testing
Kata Kunci:
Kegunaan, Pengujian kegunaan, Kuesioner SUS, Marketplace, OLXAbstrak
OLX adalah salah satu iklan baris online terbesar di Indonesia dan dapat diakses secara gratis melalui website atau unduh aplikasinya melalui smartphone. Pada platform mobile-nya aplikasi OLX mendapat beberapa kritikan yang menyulitkan usability pada pengalaman penggunanya. Mulai dari iklan yang mengganggu, fitur pencarian tidak sesuai dengan keinginan pengguna, dan promosi barang bekas pengguna yang tidak dapat tampil tanpa penjelasan. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi terhadap aplikasi menggunakan metode usability testing dan penyebaran kuesioner SUS. Adapun aspek usability yang akan dievaluasi adalah learnability, memorability, efficiency, effectiveness, error, readability, dan satisfaction. Pada aspek effectiveness mendapatkan nilai 75% dan 100% oleh dua kelompok partisipan dan sedikit dalam melakukan salah langkah untuk aspek error. Untuk aspek efficiency rata-rata dalam satu detik partisipan dapat menyelesaikan 3,3% tujuannya dan mendapatkan 1,5 lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan pertama kali untuk aspek learnability. Lalu untuk aspek memorability mengalami peningkatan yaitu dari jumlah rata-rata langkah sebesar 114 meningkat menjadi 58 langkah. Untuk aspek readability partisipan rata-rata mendapat nilai 87% untuk jawaban benar tes soal uji pemahaman. Lalu pada aspek satisfaction menggunakan kuesioner SUS mendapat skor 67,9.