Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) pada Aplikasi Marketplace OLX menggunakan Usability Testing

Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) pada Aplikasi Marketplace OLX menggunakan Usability Testing

Penulis

  • Yusuf Habib Alfatha Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Agung Wicaksono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mochamad Chandra Saputra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Kegunaan, Pengujian kegunaan, Kuesioner SUS, Marketplace, OLX

Abstrak

OLX adalah salah satu iklan baris online terbesar di Indonesia dan dapat diakses secara gratis melalui website atau unduh aplikasinya melalui smartphone. Pada platform mobile-nya aplikasi OLX mendapat beberapa kritikan yang menyulitkan usability pada pengalaman penggunanya. Mulai dari iklan yang mengganggu, fitur pencarian tidak sesuai dengan keinginan pengguna, dan promosi barang bekas pengguna yang tidak dapat tampil tanpa penjelasan. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi terhadap aplikasi menggunakan metode usability testing dan penyebaran kuesioner SUS. Adapun aspek usability yang akan dievaluasi adalah learnability, memorability, efficiency, effectiveness, error, readability, dan satisfaction. Pada aspek effectiveness mendapatkan nilai 75% dan 100% oleh dua kelompok partisipan dan sedikit dalam melakukan salah langkah untuk aspek error. Untuk aspek efficiency rata-rata dalam satu detik partisipan dapat menyelesaikan 3,3% tujuannya dan mendapatkan 1,5 lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan pertama kali untuk aspek learnability. Lalu untuk aspek memorability mengalami peningkatan yaitu dari jumlah rata-rata langkah sebesar 114 meningkat menjadi 58 langkah. Untuk aspek readability partisipan rata-rata mendapat nilai 87% untuk jawaban benar tes soal uji pemahaman. Lalu pada aspek satisfaction menggunakan kuesioner SUS mendapat skor 67,9.

Unduhan

Diterbitkan

07 Mar 2023

Cara Mengutip

Alfatha, Y. H., Wicaksono, S. A., & Saputra, M. C. (2023). Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) pada Aplikasi Marketplace OLX menggunakan Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 960–970. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12355

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...