Perancangan User experience Aplikasi BAZNAS Jombang berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : BAZNAS Jombang)
Kata Kunci:
perancangan UX, design thinking, usability testing, aplikasi mobile BAZNAS Jombang, donasiAbstrak
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jombang merupakan badan yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun sekaligus menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) di tingkat Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil wawancara pra penelitian, BAZNAS Jombang membutuhkan aplikasi mobile yang dapat mendukung segala program kerja dan memenuhi kebutuhan pengguna. Kebutuhan tersebut yaitu menghitung jumlah zakat, membayar zakat (baik secara transfer rekening, temu langsung, atau kode QRIS), infak online, donasi, berita, literasi zakat, dan konsultasi. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna serta menyelesaikan permasalahan yang dialami pengguna ketika berdonasi melalui adanya aplikasi mobile. Metode perancangan yang digunakan adalah design thinking dan usability testing. Metode design thinking terdiri dari 5 tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Dari hasil pengumpulan data menggunakan metode In-depth Interview ditemukan 6 masalah yang harus diselesaikan dan 14 kebutuhan yang meliputi proses pembayaran, donasi dan zakat, serta transparansi dana. Dari seluruh permasalahan dan kebutuhan tersebut kemudian menghasilkan 4 menu dan 111 halaman dengan guideline menggunakan Google Material Design. Berdasarkan hasil evaluasi akhir prototype dari 10 skenario yang diujikan kepada 5 pengguna menggunakan metode moderated usability testing melalui Maze, diketahui bahwa seluruh pengguna berhasil menyelesaikan skenario yang diberikan dengan nilai average success rate sebesar 100% dari direct dan indirect path. Sedangkan melalui perhitungan skala likert diperoleh nilai rata-rata sebesar 4.82. Meskipun demikian, terdapat 11 halaman yang harus dilakukan redesign karena dinilai kurang sesuai dengan kebutuhan, ekspektasi, dan persepsi pengguna.