Pengembangan Website Pemasaran Jasa Konstruksi menggunakan Pendekatan Goal-Directed Design (GDD). Studi Kasus: CV. Krisna Dwi Karya
Kata Kunci:
Goal-Directed Design, Card Sorting, Tree Testing, Usability Testing, PSSUQAbstrak
CV. Krisna Dwi Karya merupakan salah satu perusahaan jasa konstruksi di Ponorogo yang terkena dampak dari persaingan bisnis yang membuat perusahaan sulit untuk mendapatkan proyek. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan sumber daya manusia di bidang pemasaran yang membuat perusahaan melakukan promosi seadanya tanpa melakukan riset terkait informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli. Selain itu, informasi yang diberikan tidak terstruktur dan terkonsep dengan baik sehingga masyarakat mengalami kesulitan dalam menemukan informasi mengenai perusahaan ini. Oleh karena itu, diperlukan suatu media pemasaran digital berupa website untuk memperkenalkan perusahaan dengan memberikan informasi yang disusun secara terstruktur untuk memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna. Metode Goal - Directed Design (GDD) yang memiliki 6 tahap ini dipilih karena memiliki orientasi pada tujuan dan pengalaman pengguna. Penelitian ini juga dilakukan penyusunan information architecture menggunakan card sorting serta tree testing untuk mendapatkan informasi yang tersusun dengan terstruktur. Kemudian, pengujian terhadap website tersebut dilakukan menggunakan usability testing sebagai uji kualitatif dan kuesioner Post - Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) sebagai uji kuantitatif untuk mendapatkan nilai usability dari website yang telah dikembangkan. Pada usability testing, hanya 2 tugas dari total 10 tugas yang gagal dikerjakan oleh responden. Sedangkan dari kuesioner PSSUQ, website ini mendapatkan nilai sebesar 1,79 pada aspek skala overall, nilai sebesar 1,61 pada aspek skala sysuse, nilai sebesar 1,53 pada aspek skala infoqual, dan nilai sebesar 2,33 pada aspek skala interqual.