Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Halodoc dan Alodokter menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)
Kata Kunci:
Pengalaman Pengguna, Telemedicine, Halodoc, Alodokter, User Experience Questionnaire .Abstrak
Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya di bidang kesehatan. Sampai akhirnya muncullah perkembangan teknologi yang disebut Telemedicine. Telemedicine adalah layanan medis online yang membantu pengguna untuk dapat berobat atau melakukan konsultasi kesehatan tanpa harus mendatangi pusat kesehatan atau rumah sakit. Terdapat berbagai media konsultasi online yang tersedia saat ini, contohnya adalah Halodoc dan Alodokter. Dilakukan evaluasi pengalaman pengguna terhadap Halodoc dan Alodokter karena keduanya memiliki kemiripan pada fitur-fitur utamanya. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dalam bentuk Google Form agar mudah dalam pendistribusiannya. Didapatkan data dari 20 partisipan, dan didapatkan bahwa aplikasi Halodoc mendapatkan hasil evaluasi yang positif dan Alodokter mendapatkan hasil yang cukup positif. Namun jika dilakukan perbandingan, Halodoc secara umum mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan Alodokter. Keduanya memiliki kesamaan yaitu nilai tertinggi ada pada skala Efisiensi dan aspek kualitas pragmatis mendapatkan nilai paling rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aspek yang perlu dikembangkan adalah pada aspek kualitas pragmatisnya agar pengguna bisa lebih tertarik dalam menggunakan aplikasi dan lebih berkesan bagi pengguna.