Eksplorasi Pengaruh Live Shopping terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja Online dengan Metode Systematic Literature Review
Kata Kunci:
online shopping, live shopping, purchase intentions, systematic literature reviewAbstrak
Live Shopping merupakan sebuah trend baru yang menggabungkan e-commerce dan jejaring sosial dimana konsumen yang menontonnya dapat langsung membelinya dengan sedikit sentuhan di ponsel mereka. Pengguna yang menonton live shopping atau tertarik untuk menonton live shopping cenderung memiliki ketertarikan pada produk yang sedang ditawarkan di siaran langsung tersebut. Menurut penelitian sebelumnya, strategi live shopping dapat meningkatkan minat beli produk secara online oleh pengguna tanpa memperdulikan jarak dan ketidakpastian barang. Fenomena ini, sudah banyak diteliti oleh para ahli sebelumnya untuk menjelaskan apa itu live shopping, teknologi yang digunakan sampai strategi pemasaran menggunakan live shopping tetapi tidak banyak literatur yang benar-benar menjurus pada munculnya minat beli pada konsumen melalui live shopping. Untuk itu, dilakukanlah Systematic Literature Review untuk mereview jurnal-jurnal sebelumnya yang membahas live shopping dan minat beli untuk mengetahui pengaruh penggunaan live shopping terhadap minat beli konsumen dalam berbelanja online. Proses pencarian jurnal dilakukan dalam beberapa kali seleksi dan menghitung Cohen's Kappa sebagai pengukuran reliabilitas dari jurnal yang ditemukan. Sumber pencarian jurnal dilakukan pada ScienceDirect dan tahun minimal dari jurnal yang dipilih adalah 2011. Hasil yang didapatkan yaitu ditemukan 13 jurnal hasil seleksi dimana setelah dilakukan data extraction terdapat 43 faktor pengaruh live shopping terhadap minat beli dan 18 teori yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut.