Pengaruh Streamer Product Knowledge dan Streamer Image Terhadap Minat Beli Konsumen pada Live Shopping

Pengaruh Streamer Product Knowledge dan Streamer Image Terhadap Minat Beli Konsumen pada Live Shopping

Penulis

  • Ananda Rizki Oktavianti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Diah Priharsari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Live Shopping, Streamer Product Knowledge, Streamer Image, Minat Beli, SEM-CB

Abstrak

Live shopping adalah kegiatan berbelanja melalui siaran langsung yang ditampilkan kepada penonton secara real-time dan kini telah berkembang pesat serta menjadi terkenal di masyarakat. Live shopping yang dibawakan oleh penyiar atau sering disebut dengan streamer ini biasa dilakukan untuk mempromosikan jualan dan bisa dilanjutkan ke proses transaksi pembelian. Untuk menumbuhkan minat beli konsumen dipengaruhi oleh kepercayaan konsumen, dan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap streamer pada aktivitas live shopping ini terdapat beberapa faktor, faktor tersebut yaitu streamer product knowledge dan streamer image. Penelitian ini menggunakan metode SEM-CB dengan menyebar kuisioner ke 502 responden dan memperoleh data bersih sebanyak 433 responden. Dari hasil penelitian ini, didapatkan bahwa ketiga hipotesis diterima, yaitu streamer product knowledge berpengaruh terhadap trust to streamer, streamer image berpengaruh pada trust to streamer, dan trust to streamer berpengaruh pada minat beli.

Unduhan

Diterbitkan

07 Mar 2023

Cara Mengutip

Oktavianti, A. R., Priharsari, D., & Purnomo, W. (2023). Pengaruh Streamer Product Knowledge dan Streamer Image Terhadap Minat Beli Konsumen pada Live Shopping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1086–1092. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12371

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...