Perancangan User Experience Aplikasi Pengelolaan Pelatihan Program Pekerti dan Applied Approach dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Universitas Brawijaya)

Perancangan User Experience Aplikasi Pengelolaan Pelatihan Program Pekerti dan Applied Approach dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Universitas Brawijaya)

Penulis

  • Muhammad Rizaldi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Denny Sagita Rusdianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Adam Hendra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

UEQ, Pekerti AA, human-centered design, usability testing, pelatihan, user experience

Abstrak

Dosen merupakan sebuah profesi yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan tinggi, mereka adalah seorang tenaga pendidik yang profesional sekaligus seorang ilmuwan yang memberikan ilmu mereka kepada mahasiswa. Oleh karena itu, dalam menjalankan tugasnya dosen harus memiliki bukti konkret yang mengatakan bahwa mereka memiliki kualifikasi sebagai pengajar profesional, yang didapatkan dari pelatihan Pekerti AA. Pelatihan Pekerti AA merupakan pelatihan bagi dosen yang berfokus pada tujuan untuk meningkatakan kualitas pembelajaran di universitas tempat mereka bekerja. Aplikasi pengelolaan pelatihan Pekerti AA akan berfokus pada memberikan kemudahan pada pendaftar pelatihan untuk melakukan pendaftaran serta mencari segala informasi yang berhubungan dengan pelatihan, dan juga mempermudah panitia untuk mengelola data pendaftar. Dalam proses pembuatan rancangan aplikasi Pekerti AA akan diperlukan user experience yang baik, untuk mendapatkan user experience yang baik dibutuhkan metode pengembangan Human-centered Design. Proses pengujian yang dibutuhkan yakni proses pengujian usability dan juga pengisian kuisoner UEQ. Dengan melibatkan 5 responden didapatkan hasil pengujian yakni nilai sebesar 89% untuk nilai efektifitas, nilai sebesar 0,09174 goals per detiknya utuk nilai efisiensi, nilai 80 dengan yang termasuk ke dalam grade A-, adjective good dan Acceptable. Hasil UEQ Attractiveness dan stimulation mendapatkan status Excellent, sedangkan Perspicuity, Efficiency, Dependability, Novelty sebesar mendapat status Good.

Unduhan

Diterbitkan

08 Mar 2023

Cara Mengutip

Rizaldi, M., Rusdianto, D. S., & Brata, A. H. (2023). Perancangan User Experience Aplikasi Pengelolaan Pelatihan Program Pekerti dan Applied Approach dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1140–1149. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12392

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...