Perancangan User Experience Website Penjualan Batik Madura dengan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: Industri Batik Canteng Koneng)

Perancangan User Experience Website Penjualan Batik Madura dengan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: Industri Batik Canteng Koneng)

Penulis

  • Rezky Nufahriza Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

globalisasi, website, user experience, human-centered design, usability testing, user experience questionnaire

Abstrak

Batik merupakan salah satu produk yang potensial untuk dikembangkan di era globalisasi ekonomi saat ini, sehingga beberapa industri batik berlomba-lomba untuk bersaing memasarkan produknya agar mendapat banyak pelanggan. Canteng Koneng merupakan salah satu Industri Batik Madura yang banyak diminati konsumen. Namun, terdapat permaslahan di insustri batik ini yaitu proses pemesanannya masih kurang efisien karena masih dilakukan melalui telepon dan Whatsapp. Permasalahan lain juga terdapat pada perekapan data produk, data pelanggan, dan data produk terjual yang masih dilakukan secara manual melaui nota saja, tanpa catatan penjualan. Website Sistem informasi menjadi salah satu media bagi industri batik Canteng Koneng agar dapat bersaing dengan industri batik lainnya dan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Agar tercipta sebuah Website yang memiliki User Interface (UI) menarik dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna, maka dibutuhkan perancangan User Experience (UX). Human-centered design (HCD) adalah salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk melakukan perancangan UX. Dalam Website yang akan dirancang, akan terdapat fitur bagi pembeli untuk melihat stok produk, melakukan pemesanan, dan melalukan pembayaran. Fitur bagi pihak Canteng Koneng yaitu melihat data produk, melihat data pelanggan, dan melihat data penjualan. Agar perancangan tersebut sesuai dengan kebutuhan pengguna, maka akan dilakukan evaluasi terhadap rancangan solusi dengan menggunakan metode usability testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Dari hasi evaluasi tersebut didapatkan 5 permasalahan dari aspek efektifitas, dependability, dan perspicuity. Lalu dilakukan perbaikan terhadap hasil evaluasi tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

08 Mar 2023

Cara Mengutip

Nufahriza, R., Sianturi, R. S., & Az-Zahra, H. M. (2023). Perancangan User Experience Website Penjualan Batik Madura dengan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: Industri Batik Canteng Koneng). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1163–1172. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12396

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...