Evaluasi Usability Sistem Informasi TSES (Thursina Smart Education System) menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale

Evaluasi Usability Sistem Informasi TSES (Thursina Smart Education System) menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale

Penulis

  • Irfan Nuril Faza Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Intan Sartika Eris Maghfiroh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Teknologi Informasi, Thursina Smart Education System, Human Centered Design, Usability Testing, System Usability Scale (SUS)

Abstrak

TSES (Thursina Smart Education System) merupakan sistem informasi layanan akademik yang dimiliki pondok pesantren Thursina IIBS Malang untuk memudahkan proses pembelajaran. Pondok pesantren Thursina IIBS Malang merupakan salah satu pondok yang modern di Malang, yang mana pada pondok pesantren ini mengikuti dan mengimplementasikan perkembangan teknologi yang terjadi, salah satunya melalui sistem TSES (Thursina Smart Education System). Sejak awal perilisan yaitu pada tahun 2019, belum pernah penelitian mengenai evaluasi usability terhadap TSES (Thursina Smart Education System). Kondisi tersebut memungkinkan adanya masalah usability yang belum diketahui. Mengingat fungsi TSES sebagai penunjang kegiatan pembelajaran di pondok pesantren Thursina IIBS Malang, sehingga evaluasi diperlukan untuk menganalisis tingkat usabilitas serta mengukur keberhasilan penggunaan sistem informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja dan permasalahan pada sistem pembelajaran TSES. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat memberikan rekomendari pengembangan TSES Thursina IIBS Malang. Metode perancangan yang dipakai adalah Human Centered design dengan mengacu pada HHS Usability Guidelines, serta metode evaluasi usability testing dan System Usability Scale (SUS). Perbaikan berdasarkan hasil wawancara dan usability testing berupa penambahan fitur lupa password, fitur ganti password, fitur pencarian, fitur excel import, perubahan terhadap sistem navigasi dan tata letak konten yang ada. Hasil evaluasi menunjukkan nilai rata-rata aspek learnability guru dan santri sebesar 96%, rata-rata aspek efficiency guru dan santri sebesar 94,5%, rata-rata aspek memorability guru dan santri sebesar 35,5 klik dengan 112,4 detik, rata-rata aspek errors guru dan santri sebesar 2% dan hasil yang diperoleh untuk aspek satisfaction sebesar 84,13. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa desain solusi yang dikembangkan berdasarkan hasil evaluasi sistem informasi TSES dapat diterima dengan baik.

Unduhan

Diterbitkan

08 Mar 2023

Cara Mengutip

Faza, I. N., Wijoyo, S. H., & Maghfiroh, I. S. E. (2023). Evaluasi Usability Sistem Informasi TSES (Thursina Smart Education System) menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1183–1190. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12400

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...