Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Buku Kejar Prestasi di SMK Negeri 2 Singosari menggunakan Metode Human-Centered Design

Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Buku Kejar Prestasi di SMK Negeri 2 Singosari menggunakan Metode Human-Centered Design

Penulis

  • Rida Erlangga Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Faizatul Amalia Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Antarmuka, Usability, Human-Centered Design, SMK, System Usability Scale, Tata Tertib

Abstrak

SMK Negeri 2 Singosari menggunakan Buku Kejar Prestasi sebagai alat untuk mendorong peserta didiknya melakukan kebaikan serta mengajarkan untuk menghindari perbuatan yang melanggar peraturan. Tetapi kendala pada pendataan Buku Kejar Prestasi adalah penggunaan buku cetak yang dibawa peserta didik setiap bersekolah yang beresiko menghilangkan data. SMK Negeri 2 Singosari ingin mengembangkan sistem yang dapat mengakomodir pendataan prestasi dan pelanggaran peserta didik. SMK Negeri 2 Singosari membutuhkan rancangan tampilan antarmuka yang dapat mengakomodir kebutuhan penggunanya. Metode yang digunakan dalam perancangan antarmuka pengguna menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD). Berdasarkan pendekatan tersebut, terdapat tiga pengguna dan pemangku kepentingan yaitu Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Wali Kelas, serta Peserta Didik. Pengujian dari hasil rancangan antarmuka pengguna menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang dapat menguji aspek usability. Berdasarkan hasil pengujian, rancangan antarmuka buku kejar prestasi mendapat skor 76,2 termasuk ke dalam kategori “GOOD†serta dapat diterima oleh pengguna.

Unduhan

Diterbitkan

10 Mar 2023

Cara Mengutip

Erlangga, R., Wijoyo, S. H., & Amalia, F. (2023). Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Buku Kejar Prestasi di SMK Negeri 2 Singosari menggunakan Metode Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1205–1213. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12402

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...